Perbedaan Property GA4 dan UA - Digital Solutions by Leafcoder

Perbedaan Property GA4 dan UA

Apa beda property google analytics 4 dengan universal analytics

Google Analytics adalah layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk pemilik website. Dengan menggunakan layanan ini, pemilik website bisa melihat, mengatur, dan menggunakan semua data website untuk keperluan pembaharuan website dimasa yang akan datang ataupun untuk keperluan digital marketing sekalipun. 

Untuk memulai menggunakan layanan Google Analytics ini, Anda bisa langsung menuju ke website resminya disini : analytics.google.com


Tentang Google Analytics 4

Pada tanggal 14 Oktober 2020 lalu, Properti terbaru Google Analytics hadir dengan nama GA 4 (Google Analytics 4) dengan beberapa fitur baru yang ada didalamnya.


Apa fitur baru yang ada di Google Analytics 4 ini?

Untuk membantu Anda mendapatkan ROI yang lebih baik dari pemasaran Anda untuk jangka panjang, Google Analytics 4 dibuat lebih cerdas (menggunakan teknologi AI) yang dibangun di atas fondasi properti kombinasi Aplikasi + Website.

Anda dapat mengakses Google Analytics baru melalui properti Google Analytics 4 (sebelumnya dikenal sebagai "App + Web properties") yang dapat Anda siapkan bersama dengan properti Analytics yang ada. Ini akan memungkinkan Anda untuk mulai mengumpulkan data dan mendapatkan manfaat dari inovasi terbaru saat tersedia sekaligus menjaga penerapan Anda saat ini tetap utuh.

Sebelum hadir property Google Analytics 4 ini, property Google Analytics yang lama disebut juga dengan istilah UA atau Universal Analytics. Lalu, apa perbedaan dari kedua jenis properti ini?


Perbedaan Property GA 4 dan Universal Analytics


A. Tampilan Dashboard

Tampilan Dashboard Universal Analytics Lama - Leafcoder.org
Tampilan Dashboard Universal Analytics Lama - Leafcoder.org


Tampilan Dashboard Google Analytics 4 Baru - Leafcoder.org
Tampilan Dashboard Google Analytics 4 Baru - Leafcoder.org


B. Perbedaan Utama

Property Universal Analytics Property Google Analytics 4
Pengukuran Model Data Berbasis Sesi Model Data Berbasis Peristiwa Fleksibel
Pelaporan Pelaporan Lintas Perangkat dan Lintas Platform Terbatas Pelaporan Lintas Perangkat dan Lintas Platform Lengkap
Otomatisasi Otomatisasi Terbatas Disertai Machine Learning (AI) untuk Meningkatkan dan Menyederhanakan Penemuan Insight

C. Perbedaan Lainnya

Audiens

Audiens adalah sekumpulan pengguna yang Anda tentukan berdasarkan atribut berbeda yang penting bagi bisnis Anda — misalnya, penggemar olahraga dan perjalanan, orang yang ingin membeli mobil, atau pengguna yang sudah berinteraksi dengan produk atau layanan perusahaan Anda.

Dengan properti GA4, akan mudah untuk membuat audiens baru. Selain itu, Anda memiliki lebih banyak opsi saat menentukan dan mengelompokkan audiens Anda.

Jika bisnis Anda membuat ID untuk pengguna yang sudah login, properti GA4 memungkinkan Anda untuk menggunakan data ini saat membuat audiens. Anda kini dapat menentukan audiens Anda berdasarkan ID yang dikirimkan ke Analytics untuk membuat audiens berdasarkan pengguna yang sudah login.


BACA JUGA :

Istilah-istilah di Google Analytics yang Wajib Anda Ketahui

Penjelasan Tentang Traffic Sources di Google Analytics

Cara Maksimalkan Visibilitas Website Baru Anda di SERP Google


Fitur lanjutan tersedia untuk semua akun Analytics

Beberapa fitur canggih tersedia untuk semua orang yang menggunakan pengalaman Google Analytics terbaru. Ini mencakup :

Analisis : Interpretasikan data Anda dengan lebih bebas menggunakan alat Analisis. Gunakan berbagai teknik, seperti analisis funnel, analisis jalur, dan eksplorasi untuk memperoleh insight.

BigQuery Export : Ekspor data Analytics Anda ke BigQuery sehingga Anda dapat dengan aman menyimpan data Anda di cloud, menggabungkan data tersebut dengan data dari sumber lainnya, dan menjalankan kueri di semua set data Anda. Atau pindahkan data Anda ke sistem lain tempat Anda ingin menggunakannya.


Cara properti Google Analytics 4 mengumpulkan dan memproses data

Cara baru yang digunakan Analytics untuk mengumpulkan dan menyimpan data memberikan banyak keuntungan dari pengalaman Google Analytics terbaru. Daripada menggunakan model berbasis sesi, yang mengelompokkan interaksi pengguna dalam jangka waktu tertentu, properti GA4 menggunakan model berbasis peristiwa, yang memproses setiap interaksi pengguna sebagai peristiwa yang berdiri sendiri.

  • Model berbasis sesi

Di properti UA, Analytics mengelompokkan data menjadi sesi. Sesi-sesi tersebut kemudian akan dijadikan sebagai dasar dari semua laporan. Sesi adalah kumpulan interaksi pengguna dengan situs Anda dalam jangka waktu tertentu.

Selama suatu sesi, Analytics mengumpulkan dan menyimpan interaksi pengguna, seperti kunjungan halaman, peristiwa, dan transaksi e-commerce, sebagai hit. Satu sesi dapat berisi beberapa hit, tergantung bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs Anda.

  • Model berbasis peristiwa

Di properti GA4, Anda masih dapat melihat data sesi, tetapi Analytics mengumpulkan dan menyimpan interaksi pengguna dengan situs atau aplikasi Anda sebagai peristiwa. Peristiwa memberikan insight tentang apa yang terjadi di situs atau aplikasi Anda, seperti kunjungan halaman, klik tombol, tindakan pengguna, atau peristiwa sistem.

Peristiwa dapat mengumpulkan dan mengirimkan sejumlah informasi yang menjelaskan dengan detail tindakan yang dilakukan pengguna atau menambahkan konteks lebih lanjut pada peristiwa atau pengguna. Informasi ini dapat mencakup hal-hal seperti nilai pembelian, judul halaman yang pengguna kunjungi, atau lokasi geografis pengguna.


Manfaat model berbasis peristiwa

Dengan berpindah ke pengumpulan berbasis peristiwa, Analytics menjadi lebih fleksibel, skalabel, dan dapat menjalankan lebih banyak penghitungan kustom dengan lebih cepat.

Jika Anda memiliki situs dan aplikasi, penting untuk mengukur berbagai jenis interaksi pengguna agar dapat lebih memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan bisnis Anda di semua platform ini. Misalnya, Anda dapat mengukur :

  • Jumlah klik dan kunjungan halaman di situs Anda
  • Jumlah instal dan frekuensi aplikasi Anda dibuka
  • Interaksi pengguna dan konversi di masing-masing platform

Model data berbasis peristiwa secara konsisten mengukur interaksi ini di seluruh perangkat dan platform, serta memberi Anda insight yang lebih beragam dari data Anda.

 

Selengkapnya tentang peristiwa di properti Google Analytics 4

Sejumlah besar interaksi dasar dengan situs atau aplikasi Anda secara otomatis dikumpulkan sebagai peristiwa di properti Analytics terbaru. Misalnya, saat pertama kali pengguna mengunjungi situs Anda, properti akan mencatat tindakan ini sebagai peristiwa “kunjungan pertama”.

Anda juga dapat mengaktifkan fitur pengukuran yang telah disempurnakan, opsi yang memungkinkan Anda secara otomatis mengumpulkan lebih banyak peristiwa tanpa harus memperbarui kode situs Anda. Pengukuran yang disempurnakan memungkinkan Anda untuk mengukur banyak peristiwa web yang umum seperti kunjungan halaman, scroll, download file, dan jumlah tontonan video.


Nah itu dia penjelasan tentang Property terbaru Google Analytics 4 dan juga Perbedaan antara Property Google Analytics 4 dan Universal Analytics yang wajib Anda ketahui. Semoga bermanfaat.




Posting Komentar

0 Komentar




Hosting Unlimited Indonesia

Cloud Hosting Indonesia