Penjelasan lengkap tentang virus Ransomware


leafcoder.org - Virus Ransomware adalah jenis malware yang menginfeksi komputer dan langsung otomatis melakukan enkripsi semua data dikomputer korban. Virus ini akan meminta uang tebusan kepada pemilik komputer agar file tersebut bisa di recover / dikembalikan seperti semula.

A. Jenis-jenis virus Ransomware
Berdasarkan tipenya, virus Ransomware terdiri dari dua jenis yaitu :

- Crypto Ransomware, crypto ransomware adalah virus ransomware yang dibuat untuk mencari dan melakukan enkripsi semua data penting yang ada didalam komputer korban. Akibatnya, semua data yang ada didalam komputer tersebut tidak akan bisa dibuka maupun digunakan hingga si pemilik komputer memiliki decryption key (kunci untuk melakukan dekripsi data) untuk membuka data yang terkunci tadi. 

- Locker Ransomware, locker ransomware adalah virus ransomware yang dibuat untuk menolak akses ke sistem komputer. Dengan menolak akses kedalam sistem, maka si pengguna tidak akan bisa masuk kedalam aplikasi dan tidak akan bisa mengoperasikan komputernya. Locker ransomware biasanya berupa screen lock (kunci layar) pada komputer. Cara membukanya yaitu dengan membeli unlock key kepada si pembuat virus tersebut.

leafcoder.org - Contoh komputer yang terserang virus Ransomware

B. Platform target virus Ransomware
Metode serangan dan platform target virus ransomware diantaranya adalah :

- Single Platform
Virus ransomware single platform adalah virus yang dibuat untuk menyerang hanya 1 jenis platform. Misalnya hanya bisa menyerang platform Windows OS saja.

- Cross Platform
Ransomware ini mempunyai kemampuan untuk menyerang macam-macam platform. Contohnya adalah virus Ransomware dengan alias Ransom32, Zimbra, dan Shark yang bisa menginfeksi Windows OS, Mac OS, dan juga Linux OS.

- E-Commerce
Beberapa pekan kebelakang ternyata telah ditemukan virus ransomware yang menyerang situs E-commerce, dikarenakan sangat banyaknya situs e-commerce di internet merupakan alasan utama hadirnya virus ransomware di e-commerce ini.

- Android
Bukan hanya di komputer saja, ternyata kini virus Ransomware sudah muncul di platform Android. Dikarenakan semakin meningkatnya pengguna smartphone di dunia merupakan alasan ekspansi platform dari virus 'berbayar' ini.


leafcoder.org - Ilustrasi perangkat komputer yang terserang virus Ransomware.


C. Cara kerja virus Ransomware
Virus ransomware ini secara general berawal dari link yang dilampirkan via e-mail. Jika kalian meng-klik link tersebut, maka otomatis virus ini akan menginfeksi komputer kalian.
Selain dari email, virus ini juga bisa datang dari software yang kalian install dikomputer. 
Setelah ransomware berhasil masuk kedalam sistem komputer, virus ini akan langsung melakukan proses enkripsi semua data penting didalam hardisk komputer kalian. Akan muncul semacam pop up message yang isinya meminta uang tebusan untuk membuka data yang telah dienkripsi tadi.
Selain mengenkripsi, ransomware ini juga menginfeksi sistem. Jika kalian sudah terlanjur terkena ransomware dan berniat untuk menginstall ulang OS dengan tujuan menghilangkan virus ransomware, kemungkinan besar akan gagal. 

D. Cara mengatasi Ransomware
Satu satunya cara jika sudah terinfeksi virus ransomware adalah dengan mengkontak email yang telah terlampir di pop up message dan mengirim uang tebusan untuk mendapatkan decryption key kepada si pembuat virus.

Tips terbaik adalah " Sedia payung sebelum hujan " , sebelum terserang virus ini alangkah lebih baiknya untuk lakukan hal dibawah ini :
1. Lengkapi komputer dan device kalian dengan antivirus terupdate. 
2. Selalu backup data penting di cloud storage atau hardisk eksternal.
3. Jangan sembarangan membagi email pribadi dan jangan membuka email yang tidak jelas pengirimnya apalagi jika email tersebut dilengkapi dengan link atau hyperlink yang tidak jelas. 
4. Jangan sembarangan menginstall software khususnya software illegal (crack)

Nah itu dia informasi teknologi tentang Penjelasan lengkap tentang Virus Ransomware, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan lengkap tentang virus Ransomware"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel