Penjelasan lengkap tentang Google AMP


leafcoder.org - Penjelasan pengertian manfaat dan cara membuat Google AMP ( Accelerated Mobile Pages ) lengkap untuk blog maupun website. Google AMP adalah teknologi website terbaru Google yang dirancang agar website bisa ditampilkan lebih cepat saat diakses oleh pengguna internet. Google AMP lebih difokuskan untuk platform mobile. Tujuan dan manfaat dari Google AMP diantaranya adalah mempercepat akses website sebesar 4x lebih cepat, menghemat data internet sebesar 10x lipat dan juga bisa meningkatkan kualitas website di SERP (Search Engine Result Page) Google khususnya untuk mobile device / perangkat mobile.

A. Cara membuat Accelerated Mobile Pages
Teknologi AMP Google ini memiliki aturan-aturan khusus jika kalian ingin mengubah teknologi website atau blog kalian ke AMP Google salah satunya adalah dengan menambahkan markup amp pada script html di blog atau website kalian. Untuk membaca panduan lengkap memasang teknologi AMP google silakan klik link ini.

Khusus untuk blog atau website dengan platform wordpress bisa melakukan installasi plugin AMP tanpa melakukan oprek script. Sedangkan untuk platform blogger, kalian bisa memilih dua opsi yaitu melakukan oprek script sesuai dengan panduan AMP google diatas, atau melakukan upgrade templates blogger dengan templates yang sudah terdapat teknologi AMP didalamnya. 

B. Manfaat dan pentingnya Accelerated Mobile Pages Google
Google AMP merupakan proyek Google yang telah dirilis pada bulan Oktober tahun 2015 silam, tetapi proyek AMP Google ini masih belum banyak diimplementasikan di sebagian banyak website yang ada pada mesin pencari google. Dengan menggunakan teknologi AMP Google ini, manfaat yang bisa kita dapatkan sebagai pemilik website atau blog adalah kecepatan akses website yang menggunakan teknologi AMP akan lebih cepat 4x dari normal, selain itu teknologi content compressing yang bisa membuat pengunjung website lebih hemat data internet 10x lipat dari normalnya. Intinya adalah memberikan kemudahan untuk pengguna mobile yang berkunjung ke website ataupun blog kita. Manfaat lain yang bisa didapatkan adalah disisi SEO yaitu hasil pencarian di SERP akan lebih meningkat dari sebelumnya.

C. Perbedaan antara website dengan teknologi AMP dengan web tanpa teknologi AMP
Perbedaan antara website atau blog AMP dengan yang bukan AMP terletak pada bagian onpage (tampilan website). Website non AMP memiliki load time lebih lama dikarenakan adanya kode CSS dan JavaScript yang relatif banyak. Perbedaan lainnya terdapat pada fitur CDN (Content Delivery Network) pada website non AMP cenderung memiliki banyak CDN yang mengakibatkan banyaknya request yang harus dilakukan. Hal ini akan membuat load time bertambah tentunya. Jika website telah terintegrasi dengan teknologi AMP Google, kode CSS dan JavaScript dikemas dalam satu paket di framework AMP itu sendiri. Untuk fitur CDN juga demikian, hal ini akan membuat request HTTP menjadi berkurang sampai 4x lipat lebih efisien.

D. Contoh website dengan teknologi AMP Google
Dibawah ini adalah beberapa contoh website yang telah menerapkan teknologi AMP Google :
- Leafcoder AMP
- Bola dot com
- Kaskus
- CNN
- BBC, dan lainnya.
Ilustrasi teknologi Accelerated Mobile Pages Google

Nah itu dia artikel teknologi tentang Penjelasan lengkap tentang Google AMP, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan lengkap tentang Google AMP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel