5 Software Wajib untuk Web Programmer (Download) - Digital Solutions by Leafcoder

5 Software Wajib untuk Web Programmer (Download)


Selamat malam, kali ini saya ingin berbagi mengenai beberapa software yang wajib kalian miliki sebagai calon web programmer maupun yang ingin belajar website.

Sembari mengerjakan tugas akhir, saya buat postingan ini agar kalian para website programmer wannabe bisa mempersiapkan senjata untuk sarana belajar maupun implementasi nantinya.

Yap langsung saja,

1. Web Server, Web Server adalah suatu tempat yang digunakan oleh website programmer (website developer) untuk membangun website mereka. Web Server dibedakan menjadi dua yaitu web server online dan web server offline (host lokal).
Nah, untuk hal ini.. bagi kalian pengguna OS Microsoft Windows,Linux,maupun OS X bisa gunakan XAMPP untuk Web Server Lokal kalian.



2. Code Editor, Code Editor adalah aplikasi untuk mengedit/membuat serangkaian kode yang nantinya akan membentuk suatu halaman website.
Sebenarnya banyak sekali code editor yang bisa kita pakai, dari jenis kode editor yang simpel hingga code editor yang sudah berbasis objek oriented.
Untuk kalian yang baru saja mulai berkenalan dengan dunia website, saya rekomendasikan aplikasi Code Editor yang simpel yaitu Notepad++. Untuk yang sudah advance, silahkan coba kode editor terbaru yang sedang hot dikalangan programmer yaitu Atom Code Editor.


3. Image Editor, Image Editor adalah software untuk mengolah gambar ataupun hal lain yang berhubungan dengan interface/tampilan website. Biasanya adalah senjata utama untuk website designer. Banyak sekali Image Editor, disini saya sarankan menggunakan Adobe Photoshop atau Corel Draw agar hasil bisa maksimal



4. File Manager, File Manager adalah aplikasi untuk manajemen file (transfer file kebutuhan website ke internet ketika proses pembuatan diserver lokal telah selesai dikerjakan).
File Manager untuk keperluan ini lumayan banyak jenisnya, dari yang simpel hingga yang kompleks sekalipun. Saya sendiri menggunakan Filezilla dan WinSCP sebagai media manajemen file website.



5. Browser, yang terakhir ini adalah aplikasi vital untuk website programmer (web designer maupun web developer). Karena tanpa browser kita tidak akan bisa mengakses website yang telah kita rancang. Yap, biasanya secara umum tanpa mendownloadnya kita telah memilikinya (contoh, Internet Explorer (Windows) , Chromium (Linux) , Safara (OS X).
Tapi tidak ada salahnya kita mendownload browser tambahan, disini saya gunakan Chrome, Firefox, Maxthon, dan UC Browser.
Silahkan download sesuai keinginan.





Nah, itulah 5 software wajib untuk Web Programmer versi www.leafcoder.org
*Info tambahan :
Web Programmer umumnya terbagi menjadi dua kelompok yaitu :

1. Web programmer yang bekerja dalam proses pengkodingan (backend programmer) biasa dikenal dengan Web Developer.
2. Web programmer yang bekerja untuk UI (User Interface) ~ frontend programmer biasa disebut dengan Web Designer.

Semoga bermanfaat. Salam www.leafcoder.org

Posting Komentar

12 Komentar

  1. klo browser itu wajib gan. thanks

    BalasHapus
  2. kebetulan saya juga ingin jadi programmer , nice post gan jadi lbih tahu dah skarang :D

    BalasHapus
  3. ane juga make notepad +++ , tapi selain itu ane juga make macromedia gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi gan, macromedia buat UI makin ciamik gan (y)

      Hapus
  4. Boleh nh... entar di download lah buat belajar... makasih gan...

    BalasHapus
  5. mntaap kpn2 tk download gan

    BalasHapus
  6. Jadi ingat waktu menggunakan XAMPP, dulu masih pakek WP, gak gampang emang cara prakteknya. sayang nya aku bukan seorang progamer, jadi gak wajib buat saya kan gan,,, meskipun begitu saya punya semua aplikasi diatas (nyombong dikit gak ape-ape kan gan?) hehehe

    BalasHapus
  7. code editor lebih mantep kalo pake Sublime gan (y)

    BalasHapus
  8. Thank You Sob...sangat membantu sekali infonya...

    BalasHapus




Contact us

Jasa SEO Leafcoder
Support Leafcoder.org
Hi there! We accept any donation via PayPal, hope the articles we provide can always be helpful.