Review Digital Alliance Meca Z Premium RGB Mechanical Keyboard

Leafcoder.org - Review Digital Alliance Meca Z Premium RGB Keyboard

Review Digital Alliance Meca Z Premium RGB Keyboard Gaming Mechanical murah berkualitas. Banyak teman-teman khusunya para gamer yang masih kesulitan memilih peripheral gaming terutama keyboard gaming. Apalagi kini telah banyak model dan tipe keyboard gaming yang beredar dipasaran dimulai dari tipe keyboard gaming biasa yang menonjolkan pada tampilan 'wah' (rubber dome) sampai yang terbaru yaitu mechanical keyboard. Sebelum saya ulas lebih jauh mengenai review ini, alangkah lebih baik saya ulas sedikit mengenai apa itu mechanical keyboard.


Mechanical keyboard adalah keyboard yang dibuat dengan kualitas tinggi dengan menggunakan teknologi spring activated dalam switch keyboard. Switch ini ada beberapa macam jenis dan memiliki karakteristik masing-masing. 

Mechanical keyboard lebih unggul dalam segala hal. Switch, framing, functionality, type print methods, key construction, PCB board, LED lightning (sharpness, brightness, adjustability), dan fitur-fitur lainnya yang masih banyak pada mechanical keyboard adalah jauh lebih baik bila dibandingkan dengan rubber dome keyboard atau keyboard biasa dengan harga murah yang sering kita jumpai dimana-mana. Dari hal-hal unggul tersebut, semuanya berpusat pada satu hal penting yakni "feel". Mechanical keyboard memiliki "feel" yang lebih baik dibandingkan dengan rubber dome keyboard.

Nah setelah tau apa itu mechanical keyboard, saatnya kita simak ulasan pribadi saya tentang salah satu mechanical keyboard buatan Digital Alliance berikut ini.

Review Digital Alliance Meca Z Premium RGB Mechanical Keyboard


A. Spesifikasi Digital Alliance Meca Z Premium RGB Mechanical Keyboard

Model : Meca Z Premium
Color : Black
Material :
Top Cover : Alumunium
Bottom Cover : ABS
Weight : 1.158g
Dimension : 440 x 140 x 38 mm
Interface : USB 2.0
Gold-Plated USB : Yes
Cable Length : 170cm
Special Feature : Waterproof IPX8
Backlight : Yes
Backlight Effect : 16 Million Colors RGB
Switch Type : Mechanical
Switch Name : Outemu
Switch Color : Red
Special Features : Removable Switch and Anti Dust
Lifespan : 50 Million Clicks Lifetime

A. Desain


Dari segi desain keyboard mechanical besutan Digital Alliance ini termasuk jenis full-sized. Saya sendiri awalnya ingin memiliki tipe TKL (Ten key less) yang mana ukurannya lebih kecil, tetapi setelah melihat beberapa review video di youtube model DA meca Z ini tidaklah terlalu besar. Dibalut dengan warna hitam yang memberikan kesan elegan, kemudian ditambahkan fitur backlight membuat tampilan keyboard mechanical ini worth untuk kalian punyai.

B. Portabilitas
Koneksi keyboard menggunakan single USB cable, ini adalah faktor kedua mengapa saya memilih meca Z. Sebelumnya saya pernah mencoba mechanical keyboard yang menggunakan dua USB dalam satu kabel yang sangat memboroskan slot USB (akan sangat merepotkan jika kalian menggunakan laptop karena laptop biasanya hanya menyediakan maksimal 3 port USB sedangkan kalian harus attach mouse, headphone, dan keyboard dalam satu waktu).

C. Performance
Digital Alliance Meca Z Premium RGB Mechanical Keyboard ini adalah termasuk jenis plug and play yang mana dalam penggunan pertamanya hanya dengan memasukkan kabel USB ke port USB laptop / komputer kalian dan langsung bisa digunakan tanpa harus memasang driver terlebih  dahulu (rata-rata mechanical keyboard terbaru sudah mengusung teknologi ini), selain itu keyboard digital alliance jenis meca z ini memiliki 2 jenis warna switch yaitu blue switch dan red switch. Blue switch memiliki suara yang cukup berisik ketika ditekan, berkebalikan dengan red switch yang memberikan ketenangan lebih saat kalian mulai menyentuh keycapsnya.

D. Fitur Unggulan
Sudah disinggung pada poin A diatas, kelebihan dari keyboard Digital Alliance Meca Z Premium ini terletak pada harga yang terjangkau, anti air, switch bisa diganti sesuai dengan keinginan, anti debu, dan pastinya memiliki kualitas tinggi dan bisa diadu dengan mechanical keyboard terkemuka lainnya.

BACA JUGA : Review lengkap laptop Acer Aspire E5-475G

E. Harga
Harga Digital Alliance Meca Z Premium RGB Mechanical Keyboard berada diangka kurang dari 1 juta rupiah. Sangat worth bagi kalian yang memiliki budget terbatas tapi menginginkan mechanical keyboard berkualitas dan banyak fitur unggulan yang ditawarkan.

F. Kesimpulan
Setelah saya review, overall 1-10 saya rate 9 untuk keyboard mekanial produksi Digital Alliance ini. Mengapa 9? Saya rasa jika berat keyboard bisa dikurangi, saya bisa jadikan 10/10. 2 kg adalah berat dari keyboard dengan bahan alumunium dan ABS ini.

Nah itu dia Review Digital Alliance Meca Z Premium RGB Mechanical Keyboard versi leafcoder.org, semoga bisa memberikan sedikit referensi khususnya bagi kalian yang sedang mencari mechanical keyboard yang terjangkau tetapi kualitas tetap tidak kalah dengan keyboard mechanical pro lainnya. Jika ada tambahan atau pertanyaan silakan tinggalkan pada kotak komentar dibawah.

Posting Komentar

0 Komentar