Mengenal Google Alphabet dan Anggota Alphabet Inc


Selamat pagi, kali ini saya akan berbagi mengenai informasi tentang Google Alphabet dan Anggota Alphabet Inc. 

Google Alphabet atau Alphabet inc. adalah merupakan perusahaan induk milik Google yang dibuat pada tahun 2015 oleh CEO pertama Google, Larry Page. Tujuan dibuatnya Alphabet inc. ini adalah untuk merekonstruksi Google dengan memindahkan perusahaan perusahan anak dari Google kedalam satu perusahaan besar yaitu Alphabet itu sendiri.

Alphabet inc. dipegang oleh Larry Page sebagai CEO dan Sergey sebagai Presidentnya. Sementara Larry Page mempercayakan Sundar Pichai sebagai CEO Google menggantikan posisinya per tahun 2015 sesaat setelah Google Alphabet dirilis.

Dengan adanya Google Alphabet / Alphabet inc. ada tujuh anggota perusahaan anak didalamnya. Ketujuh perusahaan ini antara lain :



1. Calico


Calico adalah perusahaan yang didirkan pada tahun 2013. oleh perusahaan Google dan Arthur D. Levinson sebagai sebuah perusahaan pengembangan bioteknologi.  Perusahaan in fokus pada pengembangan teknologi untuk kesehatan, kesejahteraan dan umur panjang.

Calico sudah bermitra dengan perusahaan AbbVie, sebuah perusahaan biopharmaceutical yang menyediakan fasilitas untuk urusan penuaaan dini. Perusahaan ini juga bekerjasama dengan Broad Institute of MIT and Harvard.

Dibawah CEO Arthur D. Levinson, dan perusahaan induk Alphabet Inc. Calico diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap teknologi kesehatan.


2. Nest



Nest adalah perusahaan dibawah Alphabet Inc. yang fokus pada  pengembangan teknologi rumah pintar, seperti smoke detectors, sensor-driven, dan teknologi keamanan rumah lainnya.

Beberapa produk yang sudah dihadirkan Nest diantaranya adalah Nest Learning Thermostat, Nest Protect, Weavem dan beberapa produk lainnya.

Bisa dibilang, produk-produk dari Nest merupakan bagian dari program Google untuk Internet of Things. Bagi yang belum tahu, Internet of Things merupakan sebuah konsep ketika semua benda saling terhubung lewat internet.


3. Google Ventures


Google Ventures adalah sebuah korporasi yang fokus pada pengembangan dan pendanaan perusahaan-perusahaan berkembang. Sudah banyak perusahaan-perusahaan yang sudah didanai oleh Google Ventures.

Perusahaan yang didanai fokus pada bidang seperti internet, software, hardware, biotech dan layanan kesehatan.

Kini dibawah perusahaan induk Alphabet Inch, Google  Ventures tentunya akan terus berkembang dan memberikan pendanaan pada perusahaan berkembang lainnya.


4. Google

Google sebagai sebuah perusahaan terkemuka yang membawahi banyak layanan teknologi dan internet. Layanan seperti Google Search, Apps, Google Maps, dan juga Google Ads ada dibawah perusahaan ini.

Layanan video Youtube juga ada dibawah kendali Sundar Pichai. (Google). Sistem operasi Android pun yang terbilang sebagai sistem operasi tersukses ada dibawah Google.

Tentu saja perusahaan ini memiliki layanan lain. Hanya beberapa layanan yang tadi disebutkan menjadi fokus utama dari perusahan Google.


5. Google X

Google X atau ditulis secara resmi sebagai Google× (tanda x berada diatas setelah huruf e) awalnya adalah laboratorium semi-rahasia yang dijalankan dibawah Google. Setelah Google Inc berganti nama menjadi Alphabet Inc,  fasilitas ini akan dikembangkan lebih lanjut.

Artinya, Google X kii bergerak “mandiri” sabgai sebuah indusri yang fokus pada pengembangan proyek masa depan.  Beberapa proyek yang sedang dipersiapkan diantaranya adalah Project Self-Driving Car, Project Wing, Project Glass, dan banyak project lainnya.


6. Google Capital


Google Capital adalah dana ekuitas pertumbuhan  yang didukung penuh oleh Alphabet. Fokus perusahaan ini adalah pada investasi terhadap perusahaan teknologi.

Sekilas tujuan Google Capital mirip dengan Google Ventures.  Tapi keduanya berbeda.

Google Ventures fokus pada perusahaan berkembang (startup). Sedangkan Google Capital berinvestasi pada perusahaan yang sudah melewati fase berkembang dan sudah memiliki struktur perusahaan yang solid dan keuangan yang stabil.


7. Google Fiber




Google Fiber hadir sebagai keikutsertaan Google masuk dalam ranah industri telekomunikasi. Layanan ini menghadirkan  layanan internet super cepat yakni 1 Gbit/s. Sebuah layanan internet yang cukup besar tentunya.

Sayangnya layanan ini baru tersedia di Amerika dan amsih di beberapa daerah saja. Tentu saja kehadiran Google sebagai provider internet membuat banyak orang percaya Google mampu menghadirkan kecepatan internet terbaik.

Nah, itu dia penjelasan tentang Google Alphabet / Alphabet inc. beserta anggota perusahaan anak dari Google Alphabet. Semoga bermanfaat.



9 Komentar untuk "Mengenal Google Alphabet dan Anggota Alphabet Inc"

  1. Thanks mas infonya penjelasannya sangat lengkap sekali

    BalasHapus
  2. mntapp ... dapet pengetahuan baru, thanks udah berbagi info gan.

    BalasHapus
  3. Widih rupanya google bisa mendanai perusahan2 baru ya
    lumayan nih, makasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama bro.. hahaha perusahaan IT nomor 1 didunia ini loh..

      Hapus
  4. Lengkap banget bos, trimakasih infonya

    BalasHapus
  5. waaah banyak juga ya aplikasi dari google ini, memang top lah google

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel