Cara Install XAMPP (Download XAMPP)


Selamat pagi, tips kali ini berhubungan dengan dunia website yaitu mengenai local webserver XAMPP.

Aplikasi XAMPP adalah aplikasi yang membundle banyak aplikasi lain yang dibutuhkan dalam pengembangan web. Nama XAMPP merupakan singkatan dari aplikasi utama yang ada didalamnya: X (huruf X berarti cross-platform, dimana aplikasi XAMPP tersedia untuk banyak Sistem Operasi), A (Apache web server), M (MySQL), P (PHP), dan P (Perl). Selain aplikasi tersebut, XAMPP juga menyertakan modul lain seperti OpenSSL dan phpMyAdmin.


Klik " Download App " untuk mendownload Aplikasi XAMPP Terbaru.

https://www.apachefriends.org/download.html

Silahkan buka situs tersebut, kemudian klik pada tombol XAMPP for Windows v5.6.3 (PHP 5.6.3). Penamaan baru XAMPP ini mengikuti versi PHP yang ada di dalam paket tersebut.

Step by step cara install XAMPP di laptop/komputermu :

1. Setelah file aplikasi XAMPP tersedia, kita akan mulai menginstall aplikasi ini. Silahkan double klik file XAMPP anda. Pada contoh ini, file XAMPP saya adalah xampp-win32-5.6.3-0-VC11-installer.exe.

Jika anda menggunakan anti-virus, akan tampil jendela berikut :



2. Jendela diatas hanya peringatan bahwa jika program anti virus sedang berjalan, proses instalasi mungkin akan berjalan lambat atau mengganggu proses instalasi XAMPP. Jika perlu, anda bisa mematikan anti virus untuk sementara, atau klik saja tombol Yes.
Jendela peringatan berikutnya adalah tentang UAC (User Account Control) :


Peringatan ini berkaitan dengan proteksi pada Windows Vista  keatas dimana jika XAMPP diinstall pada folder C:\Program Files (x86) mungkin akan terjadi pembatasan hak akses yang menyebabkan XAMPP tidak berjalan dengan normal. Karena alasan ini, saya akan memindahkan file instalasi XAMPP ke folder lain. Silahkan klik tombol OK untuk melanjutkan.

3. Jendela awal instalasi akan muncul, Klik Next.


4. Jendela berikutnya adalah “Select Component”. Pada bagian ini kita bisa memilih aplikasi apa saja yang akan diinstall. Dalam tahap ini saya akan membiarkan semua pilihan. Klik Next untuk melanjutkan.


5. Jendela selanjutnya adalah “Installation Folder”. Dalam bagian ini, kita bisa mengubah lokasi dimana file-file XAMPP akan disimpan. Anda bebas menentukan lokasi ini. Sebagai contoh, saya akan meletakkan file XAMPP di D:\xampp_5.6.3. Saya menambahkan angka versi XAMPP karena memiliki beberapa versi XAMPP terinstall di drive D. Penamaan ini hanya untuk mempermudah saya membedakan instalasi XAMPP. Lanjutkan dengan men-klik tombol Next.


6. Tampilan berikutnya adalah “Bitnami for XAMPP”. XAMPP menawarkan Bitnami sebagai cara cepat menginstall CMS seperti wordpress, joomla dan drupal. Tetapi kita akan menginstall wordpress secara manual, sehingga hapus pilihan “learn more about Bitnami for XAMPP”, kemudian klik Next.


7. Jendela berikutnya adalah konfirmasi untuk mulai menginstall XAMPP, klik Next, dan XAMPP akan memulai proses instalasi beberapa saat.



8. Jika jendela “Completing the XAMPP Setup Wizard” telah tampil, maka proses instalasi XAMPP telah selesai. Pada bagian ini kita akan langsung mencoba aplikasi XAMPP, sehingga biarkan pilihan check list “Do you want to start the Control Panel now?”, kemudian klik Finish.



9. Jika anda membiarkan pilihan “Do you want to start the Control Panel now?” pada jendela terakhir proses instalasi XAMPP, maka akan tampil jendela XAMPP Control Panel.

Sesuai dengan namanya, Jendela XAMPP Control Panel ini adalah jendela yang digunakan untuk mengontrol apa saja modul XAMPP yang akan atau sedang dijalankan. Jika jendela ini tidak tampil, anda bisa mengaksesnya dari menu START->All Programs->XAMPP->XAMPP Control Panel.

Untuk menguji instalasi XAMPP, silahkan klik tombol START pada modul Apache dan MySQL. Jika tidak ada masalah, akan tampil warna hijau pada bagian modul ini, seperti tampilan dibawah :


Selanjutnya, buka web browser dan ketikkan alamat localhost pada address bar, kemudian tekan enter. Jika tampil jendela pembuka XAMPP, maka semuanya telah terinstall dengan baik.


Selanjutnya pilih menu bahasa. Karena bahasa indonesia belum tersedia, silahkan pilih English, dan tampilan home XAMPP siap diakses.



Yap, berakhirlah tutorial/tips mengenai cara install XAMPP dan penjelasan tambahannya.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Posting Komentar

5 Komentar

  1. thank gan berhasil berkat tutor lengkap ini

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah share gan, sangat membantu

    BalasHapus
  3. izin comot gan , ane mau cobain

    BalasHapus
  4. Thanks gan infonya kebetulan bentar lagi ane mau buat website :D

    BalasHapus